pusat pusat dari unesco​

● Candi Borobudur

 

Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah merupakan situs warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 1991. Candi Borobudur diakui sebagai candi terbesar di dunia ini memiliki 1460 relief dan 504 stupa di dalamnya. Situs warisan dunia UNESCO yang bersejarah ini dibangun pada tahun 800 M silam pada masa Dinasti Syailendra.

 

Dalam penilaian oleh UNESCO, ada 3 kriteria Outstanding Universal Value (OUV) yang menjadikan Candi Borobudur sebagai Warisan Budaya Dunia. Pertama, komplek Candi Borobudur berbentuk piramida tanpa atap yang terdiri dari 10 urutan keatas, bermahkotakan sebuah kubah. Kedua, komplek Candi Borobudur menjadi contoh seni dari arsitektur Indonesia dari masa awal abad ke-8 hingga akhir abad ke-9. Ketiga, candi ini berbentuk teratai, bunga yang disucikan oleh umat Buddha.

● Tambang Batubara Ombilin, Sawahlunto, Sumatra Barat

Tambang Batubara yang terletak di Sawahlunto, Sumatra Barat merupakan situs warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 2019 lalu. Dalam penilaian oleh UNESCO, ada 2 kriteria Outstanding Universal Value (OUV) yang menjadikan Tambang Batubara Sawahlunto sebagai Warisan Budaya Dunia.

Baca Juga  Perubahan anak perempuan pada masa pubertas​

Pertama adalah tentang adanya pertukaran penting dalam nilai-nilai kemanusiaan sepanjang masa atau dalam lingkup kawasan budaya. Kedua adalah contoh luar biasa dari tipe bangunan, karya, arsitektur, dan kombinasi teknologi yang menggambarkan tahapan penting dalam sejarah kemanusiaan.

Situs warisan dunia UNESCO di Indonesia satu ini sendiri merupakan satu-satunya tambang batu bara bawah tanah di Indonesia dan menjadi tambang batu bara tertua di Asia Tenggara.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *