peluang dan tantangan kondisi wilayah Indonesia​

Peluang dari letak geografis Indonesia antara lain mengalami kemajuan perekonomian, kemajuan peradaban, dan terjalinnya kerja sama politik. Sementara itu, tantangan dari letak geografis Indonesia antara lain masuknya budaya luar yang tidak sesuai dengan nilai dan norma masyarakat Indonesia serta terjadinya penyelundupan barang-barang secara ilegal.

Berikut adalah penjelasannya.

Letak geografis merupakan letak suatu wilayah ditinjau dari kenyataannya di Bumi. Secara geografis, Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Australia serta di antara Samudra Pasifik dan Hindia. Letak tersebut dapat memberi peluang sekaligus tantangan bagi negara Indonesia.

Jadi, peluang dari letak geografis Indonesia adalah sebagai berikut.

1. Mengalami kemajuan perekonomian melalui perdagangan internasional, karena letak geografis Indonesia sangat strategis, yaitu sebagai persimpangan lalu lintas dunia baik di laut maupun udara.

2. Mengalami kemajuan peradaban terutama dalam ilmu pengetahuan dan teknologi karena letak geografisnya yang dekat dengan wilayah lain dan banyak dilalui oleh penduduk dari negara lain, sehingga dapat mendapat pengaruh kemajuan iptek dari negara lain.

Baca Juga  Hitung luas bidang oleh y = x ^ 2 + 1 dan y = 5 ​

3. Terjalinnya hubungan dan kerja sama politik yang baik dengan negara lain, karena letak geografis Indonesia membuatnya mudah terhubung dengan negara lain.

Sementara itu, tantangan dari letak geografis Indonesia adalah sebagai berikut.

1. Masuknya budaya luar yang tidak sesuai dengan nilai dan norma masyarakat Indonesia, karena letak geografis Indonesia membuat Indonesia banyak dilalui oleh penduduk asing dengan berbagai macam latar belakang kebudayaan.

2. Terjadinya penyelundupan barang-barang secara ilegal, karena Indonesia dilalui oleh jalur perdagangan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *