Apa saja diperlukan untuk membuat jaringan sederhana tanpa internet

Jawaban & Penjelasan:

Perangkat Jaringan yang Dibutuhkan Untuk Membangun Jaringan LAN Sederhana

  • LAN Card
  • Client
  • Kabel penghubung
  • Bridge
  • Komputer server
  • Switch, Hub, ataupun Access Point
  • Router
  • Modem

Beberapa perangkat yang dibutuhkan untuk membangun suatu jaringan komputer adalah sebagai berikut.

Komputer server, merupakan perangkat berupa komputer dengan spesifikasi tinggi dan kemampuan yang melebihi dari komputer biasa yang berisi sistem operasi, software pembangun jaringan, database, dan sebagainya. Tugas dari perangkat ini adalah untuk melayani seluruh client yang telah terhubung dalam jaringan komputer serta memiliki wewenang untuk back-up data.

Client, merupakan perangkat yang menggunakan jasa dari server yang rata-rata mengolah dan mengembangkan data yang disediakan oleh server. Client mempunyai hubungan yang erat terhadap server karena jika server terjadi gangguan, maka secara otomatis client juga mengalami gangguan.

LAN Card, merupakan kartu jaringan yang berbentuk papan elektronik. Pada umumnya, LAN Card dipasang pada client atau server. Fungsi dari perangkat ini adalah menyatukan semua komputer dalam satu jaringan yang diinginkan.

Baca Juga  Lenita membeli 1 kg daging sapi dan 2 ayam potong dengan harga Rp rp164.000. Pipit membeli 3 kg ayam potong 2 kg daging sapi dengan harga rp296.000 Jika harga 1 kg daging sapi dinyatakan dengan x dan harga 1 kg ayam dinyatakan dengan y sistem persamaan linear dua variabel yang berkaitan dengan pernyataan di atas adalah

Kabel penghubung, merupakan media untuk menghubungkan perangkat satu dengan yang lain dan terbagi menjadi Fiber Optic, Unshielded Twisted Pair (UTP), dan Coaxial. Kabel-kabel tersebut mempunyai peran dan fungsi masing-masing.

Router, merupakan perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan kelas-kelas IP Address yang berbeda agar terkoneksi antara satu dengan yang lain.

HUB dan Switch, mempunyai tugas untuk menyambungkan server dan beberapa komputer client dalam satu jaringan namun antara kedua perangkat tersebut mempunyai cara kerja yang berbeda.

Repeater, merupakan perangkat yang mempunyai peranan untuk memperluas jangkauan sinyal server dan memudahkan akses sinyal.

Bridge, merupakan perangkat yang menghubungkan jaringan LAN satu dengan lainnya. Selain itu, perangkat ini juga digunakan untuk menyambung media penghantar yang berbeda.

Modulator Demodulator, merupakan perangkat yang mempunyai peranan untuk mengomunikasikan dua (2) arah dan mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *