beli hp online

Jangan Sampai Tertipu!! Berikut Tips Beli HP Secara Online

Pada masa pandemi ini semua aktivitas di luar rumah dibatasi, terkecuali untuk belanja keperluan esensial atau keperluan primer. Maka dari itu, beberapa orang yang selanjutnya mulai tergantung di situs belanja online untuk memperoleh barang yang diharapkan.

Tetapi, belanja online banyak memiliki resiko tidak disangka. Apa lagi, bila kita ingin beli electronic seperti handphone. Selain tidak dapat menyaksikan keadaannya langsung, kita tidak dapat memeriksa apa handphone yang dibeli lewat cara online sebagai handphone resmi dan legal.

Apa lagi, banyak online shop yang jual handphone pada harga miring yang jauh dari pasaran. Ini sebagai salah satunya daya magnet beli handphone lewat cara online.

Jika tertarik beli handphone lewat cara online di marketplace, karena itu ada banyak panduan aman yang penting jadi perhatian.

Tips Beli HP Secara Online

1. Tentukan tipe hp yang ingin dibeli

Langkah pertama adalah menetapkan tipe hp apa yang ingin Anda beli. Jika budget Anda terbatas, Anda bisa memilih hp kelas entry-level yang punya spesifikasi mumpuni dan harga di kisaran Rp 1 jutaan.

Baca Juga  7 hal yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis, Tips 2021

Jika Anda punya budget lebih, smartphone kelas mid-range dengan kisaran harga Rp3-5 jutaan bisa jadi pilihan. Spesifikasinya tentu saja lebih canggih dengan berbagai keunggulan di bagian kamera maupun chipset yang digunakan.

Jika Anda punya budget tanpa batas, smartphone flagship tentu bisa jadi pilihan menarik jika Anda menyukai smartphone yang tak hanya memiliki performa kencang, tetapi juga terlihat mewah dan premium lengkap.

2. Cari tahu spesifikasi dan harga

Selanjutnya adalah mencari tahu spesifikasi dan harga smartphone yang Anda incar. Saat ini ada banyak website pembanding spesifikasi dan harga smartphone yang bisa Anda gunakan.

Dengan membandingkan spesifikasi dan juga harga hp yang ada dalam ‘radar’ Anda, maka Anda bisa menemukan mana yang paling pas dengan budget dan juga fungsi yang Anda inginkan. Jangan asal tergiur harga murah tanpa cek spesifikasi dan review smartphone tersebut terlebih dahulu.

3. Hanya beli hp online di situs terpercaya

Ada banyak sekali website yang menawarkan kemudahan beli hp online berbagai merk, namun pastikan Anda hanya beli di website yang kredibel, terbukti aman dan memiliki garansi uang kembali jika ada masalah dengan penjual.

Baca Juga  Transfer DANA Ke ShopeePay? Berikut Simak Langkah Cepatnya

Selain itu pilih juga website e-commerce yang aman untuk bertransaksi karena histori pembayaran akan tersimpan di website tersebut. Jangan sampai data sensitif Anda menjadi tidak aman hanya karena belanja online di website yang belum teruji keamanannya.

4. Jangan termakan rayuan diskon besar-besaran

Merasa tergiur dengan penawaran harga hp keren dibawah harga pasar tentu tak terelakkan. Namun, Anda harus menahan diri untuk tidak melakukan pembelian di website yang menawarkan diskon besar-besaran kecuali website tersebut sudah terbukti kredibilitasnya dalam menjual hp online. Jangan sampai Anda jadi korban penipuan hp murah selanjutnya, ya!

5. Beli di official store

Jika Anda sudah menentukan ingin beli hp apa, ada baiknya Anda melakukan pembelian online lewat official store yang biasanya ada di berbagai e-commerce. Dengan begini, maka Anda bisa merasa lebih tenang karena produk dijamin asli dan garansi berlaku nasional sesuai dengan ketentuan dari masing-masing merk.

6. Ketahui ketentuan pengembalian barang

Beli hp online memiliki resiko tersendiri karena unit hp dikirim lewat jasa ekspedisi yang mungkin saja mengalami jatuh atau terbanting saat di packing atau dikirim.

Baca Juga  Tips mudah melihat password WiFi (dari Windows dan ponsel)

Meski biasanya penjual mengemas hp yang dibeli online dengan maksimal, seperti bubble wrap tebal dan kotak kardus yang tebal untuk melindungi hp yang Anda beli, namun tentu saja ada kemungkinan kerusakan unik karena pengiriman.

Nah, mengetahui ketentuan pengembalian barang jika ada kerusakan atau error selama pengiriman merupakan info penting yang harus Anda ketahui untuk jaga-jaga jika pesanan hp Anda mengalami hal yang tidak diinginkan.

7. Hindari membeli hp langsung dari sosmed

Ada banyak toko yang menjual hp secara online yang mempromosikan barang dagangannya lewat sosmed dan menerima pemesanan langsung tanpa perantara website seperti e-commerce yang punya pusat bantuan jika terjadi dispute.

Waspada dengan trik menawarkan harga hp di bawah harga pasar atau memberikan diskon besar-besaran. Karena jika Anda membeli dari toko online lewat sosmed, maka Anda tidak memiliki ‘pengaman’ jika tiba-tiba penjual kabur tanpa kabar. Hal ini tentu berbeda jika Anda beli di e-commerce karena website menjadi pihak ketiga yang menjaga keamanan transaksi Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *