membersihkan keyboard laptop

Cara Membersihkan Keyboard Laptop yang Baik dan Benar

Bersihkan keyboard laptop atau computer perlu dilakukan secara berkala. Tanpa kita ketahui, keyboard laptop atau computer yang kita pakai tiap hari benar-benar kotor walau kelihatan bersih. Hasil riset memperlihatkan jika keyboard laptop atau computer 20 ribu kali lebih kotor dari tempat dudukan wc.

Pasti ini benar-benar beresiko dan mempunyai potensi jadi sumber penyakit. Jari kita bersinggungan dengan tombol pada keyboard, selanjutnya jari kita sentuh anggota badan atau makanan yang kita makan.

Selainnya untuk sumber penyakit, laptop yang kotor dan tidak terurus membuat keyboard cepat hancur atau mungkin tidak berperan secara baik. Tombol pada keyboard menjadi hancur atau mungkin tidak responsive karena ada bekas remahan makanan misalkan.

Berikut dalam artikel ini akan diulas langkah bersihkan keyboard laptop atau computer yang bisa Anda kerjakan.

Macam-macam Alat untuk Membersihkan Keyboard Laptop

Membersihkan keyboard sebenarnya tidak membutuhkan peralatan yang terlalu rumit. Kamu bisa memanfaatkan beberapa barang yang biasa kamu gunakan sehari-hari. Berikut adalah beberapa contoh barang yang dapat kamu pakai untuk membersihkan keyboard laptop.

Baca Juga  Buat Barcode Lokasi untuk Undangan? Lakukan Dengan Cara Berikut

1. Tisu / Kain Mikrofiber

2. Cotton Bud

3. Kuas

4. Hair dryer

5. Gel / Slime Khusus Pembersih Keyboard

6. Vacuum Cleaner Mini

7. Dust Blower

8. Cairan Desinfektan / Alkohol

Cara Membersihkan Keyboard Laptop

Jika kamu sudah siap dengan peralatannya, saatnya untuk membersihkan keyboard laptop. Mengingat laptop adalah salah satu perangkat elektronik yang rentan rusak, pastikan kamu berhati-hati saat melakukannya. Yuk, simak beberapa langkah membersihkan laptop berikut ini!

1. Matikan laptop

Sangat tidak disarankan untuk membersihkan keyboard saat laptop masih dalam keadaan menyala. Kamu akan sering menggerakkan laptop selama proses pembersihan keyboard, mulai dari menggeser hingga membalikkan laptop. Jika hal ini dilakukan saat mesinnya masih menyala, gerakan-gerakan tersebut dikhawatirkan bisa membuat laptop cepat rusak.

Sebelum mulai membersihkan, pastikan laptop sudah dalam keadaan mati. Lepaskan juga kabel charger agar tidak terhubung dengan sumber listrik. Bila mesin laptop masih dalam keadaan hangat / panas, sebaiknya tunggu dulu sampai dingin.

2. Lepaskan perangkat keyboard dari laptop

Cara yang satu ini bersifat opsional, artinya bisa dilakukan atau tidak. Yang perlu diketahui adalah cara ini hanya boleh dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman atau terbiasa mengutak-atik perangkat laptop.

Jika kamu tidak pernah membongkar dan memasang keyboard, sebaiknya lewati cara ini. Tapi jika kamu sudah terbiasa melakukannya, kamu disarankan melepas keyboard agar lebih mudah membersihkannya. Dengan melepas keyboard, kamu bisa membersihkan sampai ke bagian dalam sehingga keyboard laptop bisa bersih maksimal.

Baca Juga  5 Cara download film di HP, Rekomendasi 2021

3. Posisikan laptop secara terbalik

Jika laptop sudah mati dan dalam keadaan dingin, kamu bisa membalikkan laptop sehingga keyboardnya menghadap ke bawah, atau minimal dimiringkan sampai keyboard agak vertikal. Hal ini bertujuan agar pembersihan keyboard bisa dilakukan dengan lebih cepat dan mudah.

Dengan kondisi laptop terbalik, kotoran-kotoran yang berukuran agak besar bisa jatuh dengan sendirinya. Kamu cukup menekan tombol keyboard secara acak untuk menjatuhkan kotoran, tapi tidak perlu mengguncang atau menggoyang-goyangkan laptop demi menghindari kerusakan pada mesinnya.

4. Bersihkan area luar dengan tisu / kapas / kain mikrofiber

Langkah selanjutnya adalah membersihkan permukaan keyboard dengan tisu atau kain mikrofiber yang lembut. Bersihkan sampai debu dan kotoran yang menempel di area luar keyboard benar-benar menghilang.

Kamu tidak perlu terlalu menekan bagian keyboard dengan kuat saat proses pembersihan agar tidak merusak tombol-tombolnya. Cukup usapkan beberapa kali dengan perlahan sampai keyboard terlihat bersih.

5. Bersihkan sela keyboard dengan alat yang tersedia

Untuk membersihkan sela-sela tombol keyboard, kamu bisa gunakan alat-alat yang sudah dijelaskan sebelumnya, mulai dari cotton bud, kuas, slime pembersih keyboard, dust blower, vacuum cleaner mini, atau hair dryer. Kamu bebas menggunakan alat apapun yang ada di dekatmu.

Selama proses pembersihan, laptop sebaiknya tetap dalam kondisi terbalik agar debu bisa jatuh dengan mudah, tapi tetap hati-hati agar tidak merusak keyboard maupun laptop. Namun bila kamu kesusahan, kamu boleh mengembalikan posisi laptop dan membersihkannya seperti biasa.

Baca Juga  Cara Mudah Ganti Nomor WhatsApp Tanpa Hilangkan Kontak dan Chat

6. Bersihkan dengan cairan desinfektan / alkohol

Bila keyboard sudah bersih dari debu dan kotoran, waktunya membersihkan keyboard dari bakteri. Siapkan kapas atau kain mikrofiber serta cairan pembersih yang mengandung alkohol. Kamu juga bisa memanfaatkan hand sanitizer yang juga mampu membunuh bakteri merugikan.

Basahi kapas/kain dengan cairan alkohol tersebut. Tidak perlu terlalu basah, cukup sampai terasa lembab saja. Setelah itu usapkan ke seluruh permukaan keyboard laptop secara perlahan. Untuk bagian sela-sela tombolnya, kamu bisa menggunakan cotton bud yang sebelumnya sudah dibasahi cairan pembersih.

7. Pastikan keyboard kering sebelum dinyalakan

Jika proses pembersihan keyboard sudah selesai, kamu bisa kembali menggunakan laptop, tapi jangan terburu-buru dinyalakan. Sesaat setelah dibersihkan dengan cairan pembersih / alkohol, permukaan laptop biasanya akan sedikit lembab.

Sebaiknya jangan langsung menyalakan laptop dan biarkan hingga permukaan keyboard benar-benar mengering. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena cairan pembersih atau alkohol biasanya cepat kering, apalagi penggunaannya juga tidak terlalu banyak.

8. Gunakan cover pelindung keyboard (keyboard protector)

Ini adalah tips tambahan agar keyboard kamu tidak terlalu kotor ke depannya. Setelah dibersihkan, kamu disarankan untuk memakai keyboard protector. Produk yang satu ini sudah banyak dijual di pasaran, kamu bisa membelinya di toko komputer atau secara online di marketplace.

Biasanya cover pelindung seperti ini terbuat dari silikon tipis sehingga kamu bisa tetap mengetik dengan nyaman. Tapi sebelum membeli, pastikan kamu memilih keyboard protector yang sesuai dengan merek / tipe laptopmu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *