laptop gaming

Jangan Salah Pilih!! Berikut Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik

Berikut beberapa tips dalam memlih laptop untuk games terbaik supaya tidak salah pilih. Seorang gamers tentu menginginkan peforma dan penampilan yang berkualitas saat sedang main game. Seringkali mereka harus keluarkan uang lebih cuma untuk penuhi kepuasan mereka saat mainkan game. PC atau laptop saat ini jadi opsi untuk mainkan games-games yang lumayan berat, maka dari itu kali ini saya sedikit akan membagi tips bagaimana pilih laptop gaming yang bagus, baik di bagian performanya, baik pada stabilitasnya, dan bagus untuk kantong pembelinya. Oke langsung kita bahas satu-persatu tips-nya :

1. Cermati seri chipset VGA, bukan besar memorinya

Zonk pertama yang banyak dilakukan orang saat membeli laptop gaming adalah terlalu fokus pada besar memory VGA atau VRA. Alhasil, seri chipset VGA-nya malah terabaikan. Padahal harusnya sebaliknya. Teliti dulu seri chipsetnya, baru kemudian pertimbangkan besar memorinya.

Laptop gaming berbeda dengan laptop untuk desain grafis. VRAM dalam gaming tidak banyak dibutuhkan. Supaya tidak zonk saat beli laptop gaming, perhatikan seri chipsetnya.

Baca Juga  Penyebab dan Cara Menghindari Ponsel Meledak

Sebagai contoh adalah NVIDIA GeForce GT 720M. Nah kode ini ada artinya tersendiri. Digit pertamanya menunjukkan generasi VGA tersebut. Ya, VGA dari laptop ini berarti merupakan generasi ketujuh. Nah digit kedua serta ketiga, itu berarti tingkatan kelas atau performanya. Di mana semakin tinggi angkanya, akan semakin bagus pula performa yang diberikan VGA itu.

Dari contoh sebelumnya, yakni NVIDIA GeForce GT 720M, menunjukkan bahwa performanya di bawah NVIDIA GeForce GT 635M. Akan tetapi GT 635M itu memiliki teknologi yang lebih canggih karena merupakan generasi yang lebih baru. Maka dari itu Anda harus ketahui terlebih dahulu seri chipset VGA laptop sebelum memutuskan membelinya atau tidak.

2. Perhatikan processor

Ini juga banyak yang salah kaprah. Saat beli laptop gaming, orang banyak yang mengedepankan VGA daripada processornya. Jadinya, VGA sangat bagus tidak diimbangi dengan processor yang setara, padahal processor juga tidak bisa disepelekan.

Game sekarang sudah semakin kompleks. Banyak juga game yang melibatkan kinerja processornya. Tak sampai di situ, processor juga berperan dalam meringankan proses rendering oleh VGA. Nah untuk hal ini, pilihlah processor non ULV, sebab seri ULV kurang pas untuk gaming.

Processor AMD bisa jadi pilihan untuk Anda, misalnya saja AMD Ryzen seri 5 atau 7. Harganya jelas lebih murah jika dibandingkan dengan Intel. Tapi jika tetap ingin laptop yang menggunakan processor Intel, bisa dicari laptop gaming yang menggunakan minimal Intel Core i5. Meski tak sehebat Intel Core i7, laptop ini juga punya performa yang lumayan.

Baca Juga  Cara Melihat Stalker Twitter Tanpa Aplikasi 2022

3. Pilih RAM besar

pastikan Anda memilih yang memiliki RAM yang besar. Karena semakin besar RAM-nya, akan semakin lancar proses multitasking-nya. Tak perlu khawatir dengan clock speed RAM-nya juga. Game sekarang banyak mengutamakan kapasitas RAM-nya, dan bukan clock speed RAM-nya.

4. Cermati kapasitas hard disk

Untuk laptop gaming, semurah apa pun, pastikan Anda memilih yang kapasitas hard disknya minimal 500 GB. Dan jika nanti punya budget tambahan, kapasitas hard disk ini bisa Anda upgrade. Bukan hanya untuk membuat kapasitas penyimpanan jadi besar saja, upgrade  ini juga akan meningkatkan kinerja laptop.

5. Pilih komponen yang upgradeable

Anda boleh saja membeli laptop gaming yang murah. Akan tetapi, pastikan Anda mencari laptop yang sebagian besar komponennya bisa di-upgrade, terutama RAM dan juga hard disknya. Tujuannya seperti pada poin nomor 4, yakni memperbesar kapasitas penyimpanan serta meningkatkan kinerja laptop gaming Anda.

6. Pertimbangkan ukuran layar

Untuk gaming, Anda membutuhkan layar laptop yang nyaman. Dalam hal ini, ukuran layar memegang peranan. Laptop yang ukuran layarnya minimal 14 inci bisa membuat Anda nyaman dan lebih seru saat bermain game. Jika ingin lebih menantang, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan laptop dengan layar 15 – 17 inci.

Baca Juga  2 Cara Efektif Membuat Nomor HP Sibuk Saat Panggilan Masuk

7. Pilih laptop yang memiliki beragam port

Poin yang ini merujuk pada tawaran konektivitas beragam yang diberikan laptop Anda. Jadi saat memilih laptop gaming murah, spesifikasi port yang dimilikinya adalah USB 2.0 port, USB 3.0 port, HDMI port, dan D-Sub port.

USB 2.0 port serta USB 3.0 port berguna di dalam pemasangan peripheral pendukung. Dari mulai mouse, kemudian keyboard, atau pun joystick. Pengalaman main game rasanya tidak maksimal jika menggunakan keyboard bawaan laptopnya secara langsung.

Beragam port ini juga bisa membuat Anda menghubungkannya ke LCD TV atau monitor dengan layar yang ukurannya lebih besar. Dan dalam hal ini, Anda berarti butuh laptop yang punya HDMI port serta D-Sub port.

8. Ingat selalu garansinya

Saat Anda membeli laptop gaming, pastikan Anda teliti dengan garansinya. Sebab setiap brand itu memberi garansi yang berbeda-beda. Memilih laptop dengan garansi yang lama tentu akan lebih baik.

Kenapa perlu teliti soal garansi? Ya tentu supaya jika ada kerusakan hardware laptopnya, Anda punya jaminan di dalam memperbaikinya. Karena lumayan juga jika Anda harus servis atau mengganti komponen tertentu dengan menggunakan uang sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *