BATERAI HP

10 Cara Menghemat Baterai Awet Seharian

Handphone dipakai untuk media komunikasi, cari info dan media hiburan saat waktu senggang. Semuanya orang memakai 70% waktu mereka untuk menjalankan handphone karena ada poin penting yang perlu dituntaskan.

Bersamaan penggunaan handphone yang terlalu berlebih maka ada permasalahan yang dapat kurangi manfaat handphone seperti battery yang cepat habis. Battery handphone yang cepat habis membuat anda kesal karena waktu penggunaan yang paling singkat.

Tenang saja, saya akan membagi cara-cara mengirit battery handphone agar masih tetap tahan lama sepanjang hari agar anda dapat menambahkan waktu bermain handphone.

10 Cara Menghemat Baterai Seharian

1. Jangan sampai baterai habis total

Baterai modern di desain untuk kosong antara 300 – 500 siklus pengisian ulang tergantung dari jenis ponselnya. Menjaga smartphone tetap terisi akan memperpanjang siklus tersebut menjadi lebih lama.

Baca Juga  Cara Efektif Buka Blokir Website dengan Mudah dan Cepat

Dengan menjaga HP tetap terisi maka anda bisa mengatasi kerusakan yang bisa melemahkan kemampuan baterai HP untuk menampung pengisian.

2. Memakai wallpaper sederhana

Wallpaper dan latar belakang yang sudah di atur sesuai selera adalah cara keren untuk menyesuaikan kepribadian ponsel anda. Tapi, tidak baik jika hal ini dikaitkan dengan memperpanjang umur baterai.

Wallpaper animasi dengan efek khusus akan menguras baterai tanpa manfaat yang nyata. Jika anda ingin baterai smartphone awet sepanjang hari maka gunakan gambar latar belakang yang menarik dan sederhana.

3. Kurangi kecerahan dan waktu mati layar

Penyebab baterai ponsel anda boros karena layar ponsel memakan lebih banyak daya dibandingkan bagian ponsel yang lain. Dengan menurunkan akan berguna untuk menghemat daya lebih, anda juga harus mematikan kecerahan otomatis untuk mencegah baterai berkurang secara drastis.

Perubahan intensitas cahaya secara terus menerus akan menguras daya dengan cepat. Anda kurangi waktu  layar mati otomatis dengan masuk ke aplikasi pengaturan > tampilan > tidur > ubah ke waktu paling cepat.

4. Matikan pembaruan otomatis

Banyak aplikasi yang menerapkan pembaruan otomatis saat sudah tersedia versi baru dari developer. Hal ini kadang berpengaruh pada baterai dan anda harus menonaktifkannya jika ingin menghemat daya baterai lebih.

Baca Juga  Jangan Salah Pilih! Tips Beli HP Murah Yang Berkualitas

5. Gunakan Wi- Fi dengan bijak

Anda sering menggunakan wifi sebanyak mungkin maka bisa mengurangi pengeluaran dana bulanan. Tapi, hal ini bisa mengurangi umur baterai smartphone. Kapan saja wifi menyala tapi tidak terhubung maka membuat smartphone mengaktifkan energi untuk mencari sinyal wifi.

Hal ini terutama berlaku saat anda dalam perjalanan dan melewati banyak sinyal wifi sehingga smartphone bekerja sangat keras dan umur bateraimu menjadi cepat habis dan akhirnya drop.

6. Menyimpan smartphone saat baterai 50%

Menyimpan smartphone dalam keadaan baterai 100% dapat membuat arus baterai tidak stabil seiring waktu. Beberapa menit dibiarkan tidak akan merusak baterai, jika anda mempunyai ponsel yang sudah tidak terpakai selama berhari – hari cukup cas ponsel sampai 50% saja.

7. Gunakan mode hemat daya

Jika anda punya smartphone yang lebih baru dengan layar OLED maka menggunakan aplikasi mode gelap akan mengurangi penggunaan baterai dan smartphone menjadi terlihat keren sekaligus mencegah ketegangan mata.

8. Aktifkan mode pesawat

Sudah jelas bahwa mematikan ponsel akan menghemat daya sampai kapanpun. Tapi, bukan itu cara tepat untuk menghemat daya smartphone. Setiap hari pasti ada aplikasi yang dibutuhkan secara cepat tanpa menunggu lama.

Baca Juga  Cara Unfollow Instagram dengan Cepat dan Masal (Manual & Aplikasi)

Sebaiknya, anda nyalakan mode pesawat pada ponsel sebelum menyalakan mode tidur. Mode tidur berfungsi untuk mengatur interaksi jaringan walaupun dalam keadaan tidur dan mode pesawat berfungsi untuk mengursngi konsumsi daya sebanyak 2/3 baterai.

9. Jangan gunakan pengisian daya cepat

Anda harus tahu bahwa menggunakan pengisian daya cepat bisa memperpendek umur baterai smartphone saat menggunakannya. Baterai bekerja menggunakan listrik untuk memicu reaksi kimia di dalam baterai itu sendiri.

Dengan mengecas terlalu cepat membuat proses kimia yang masuk ke baterai kurang efisien. Hal ini dapat mengurangi jumlah energi yang bisa disimpan sampai 20% sisa siklus pengecasan ponsel.

10. Jaga suhu ponsel

Anda bisa memperoleh pengisian lebih pada suhu di atas 45°C maka biasakan hal ini untuk menjaga kesehatan baterai anda. Jika ponsel panas dengan sendirinya maka anda sudah menggunakan banyak daya sekaligus yang akan menjadi masalah besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *